1/15/06

TV dan Batita


Coba deh TV nya di matiin?, TV jangan di nyalakan kalau ada Ryu, Jangan sering - sering kasih nonton TV anaknya Bu!, Itulah kata - kata yang familiar aku denger saat ini. Baik itu di arisan Ibu - ibu, di rumpian dengan tetanggah, di kantor, di kantin dlsb nya.

Menyambung cerita saya yang lalu di topic Ryu 20 Bulan, saya coba ikutin saran beberapa teman,sodara & tetanggah, sepertih diatas. Frekuensi TV yang tadinya nyala dari pagi dan malam hari, akhirnya kami non aktifkan, sebagai usaha membantu putra kami dalam perkembangan bahasa/bicaranya.

Tadinya saya berpikir tidak akan terpengaruh dengan saran2 mereka takutnya di bilang child abuse nih, tapi karena mematikan TV tidak terlalu susah di terapkan akhirnya aku ikut juga, paling kami orang dewasa yang akhirnya tidak bisa nonton TV. Tapi demi kebaikan Ryu apapun akan kami lakukan. Memang sih, Ryu kalau sudah liat iklan yang ngejreng - ngejreng pasti deh berasa di hipnotis, matanya di tujukan ke layar TV saja, anteng sambil matanya nanar melihat ke TV, kalau kami panggil - panggil jangan harap dia akan noleh, kalau di alihkan ketempat lain dia akan ngamuk. Pengaruh TV ini memang sangat tidak baik buat anak batita seusia Ryu.

Kenapa baru sekarang di terapkan Bu?. Jujur saja kami egois, kami hanya mementingkan diri sendiri. Sementara saya sangat mengerti dan sadar how bad pengaruh TV ini untuk batita, nyesel sekali karena saya tidak disiplin untuk hal penting yang satu ini, saya tidak tegas dengan assistan dirumah mengenai aturan ini. Anyway, let's talk about now and future saja deh, yang lalu biarlah berlaluh. Aturan baru di rumah kami pun di terapkan, TV tidak akan menyala kecuali Ryu sudah tidur dan siang hari untuk nonton CERIWIS aja… penggemar IB siihh… IB means Indy Barens lo, not Indra Bekti (map ye bekti huehuehue).

Apa ada pengaruh positif nya setelah program mematikan TV itu? Pastinya iya donk, sampai saat ini aturan itu baru berjalan 3 minggu and thanks to God impact nya terhadap penguasaan kata Ryu sangat sangat drastic (sangat nya sampai diulang tuh he3x). Hampir 2 minggu ini setiap kami pulang dari kantor Ryu menunjukan kebolehannya mengucapkan 2 kata baru yang sebelumnya tidak pernah dia ucapkan, dia juga lebih bawel dari sebelumnya (yg dulu juga sudah bawel sih), dia juga bisa mengekpresikan keinginannya dengan jelas, contoh: kalau ngambek dia akan menutup kedua matanya trus pura2 nangis, kalau marah dia akan diem trus natap orang yg buat dia kesel lalu tiba2 cakaran mautnya mendarat di muka orang tersebut, kalau ketawa ini mah emank kebiasaan dia ketawa sampai terpingkal2, ya kurang lebihnya begitu deh. Serasa pengorbanan kami yg tidak bisa nonton infotaiment, berita, sinetron, dll terbayarkan dengan tingkah dan perkembangan barunya.

Kata apa saja yang bisa ia bilang? Ok ok nih saya urut :
Spangebob = paappoob
Jatuh = Atooh
Kupu - kupu = puku puku (ada cerita lain nih mengenai kupu2 tar next artikel deh ^_^)
Sakit = aakiitt
Buku = uku
Harian Indonesia = *#%@ian nndonesia (ketika dia lagi baca Koran tsb, hoby ryu nih baca Koran)
Sekolah = cekolahh
Buka = uka
Sepeda = peeda
Ngitung nih (satu/atuu, dua/uaa, tiga/iiigaa, empat/patt, tujuh/juuuh, sepuluh/puluuu)
Asik = asiik
Bola = Bola
Gol = oooll
Ikut = kuuut
Yogurt = guuu gut
Sepertinya hanya ini saja yang saya ingat dan yang pernah saya denger, maklum nih hanya ketemu Ryu 2 jam sehari selebihnya, di kantor, di jalan and di ranjang (bobo) nasipku sebagai ibu dan bekerja.

Info foto: January 11, 2006

3 comments:

Pinot W. Ichwandardi said...

hahaha...sama Shrie, aku juga mulai membiasakan awen gak nonton tv *hhhh....emaknya puasa nonton tv dah* tapi ternyata lebih seru main2 sama dia ngoprek2 barang di blakang :) walopun harus miss acaranya tante Indy ;)P

ummina daffawwaz said...

Bener mbak, eyangnya Daffa & Fawwaz (bapakku) juga wanti-wanti jangan biasakan anak nonton TV terutama sebelum umurnya mencapai 3 tahun.

Anonymous said...

he..he...he.. diriku kesentill nehhhh..pulang kantor maunya nonton tipi aje gossip bo..gossippp.... Kavin ikutan dunkkkk smp apal klo emaknya nonton gossip..he..he..he..he.. but ini juga pelan2 lagi ngurangin

PS: ditaaaaaaa iya lebih seru klo oyak2an alias kejar2an ma Kavin yg bawa sothilku..hehehe...