2/24/06

Bagaimana seharusnya menyikapi Flu & Batuk berdahak?


Ryuga saat ini lagi flu & batuk berdahak. Seminggu yang lalu ia juga sempet kena flu and batuk ini, tapi hanya beberapa hari setelah itu sembuh sendiri tanpa kami bawah ke DSA aku hanya terapi biasa. Tapi 2 hari yang lalu batuk and flu ini kambuh lagi, semalam malah badannya agak-agak panas, saat aku ukur suhunya 37.8 dc, 2 jam kemudian aku ukur lagi naik menjadi 38.1dc segera aku nyalakan AC kamar biar panas tubuhnya tidak bertambah tinggi, dan tidak lupa juga aku set AC memakai settingan cool (gambar: setitik embun) bukan cool/dry (gambar: salju), kalau Ryu lagi batuk & flu aku sering pakai settingan ini dan so far tidak mengganggu system pernafasannya dan suhu kamar tetap dingin tetapi tidak membuat kelembapan udara kamar menjadi kering, Ryu jadi nyaman karena suhu kamar tetap dingin, maklum Ryu ini mirip dengan Ayahnya tidak bisa tidur kalau panas, kalau udara panas bawaannya pasti keringetan makanya walaupun flu & batuk kami tetap usahakan menjaga suhu kamar menjadi dingin tapi tidak membuat kamar menjadi dry.

Back to Ryu, aku jadi kwatir nih dengan kondisi cuaca akhir-akhir ini. Kata kebanyakan orang cuaca sekarang tidak bersahabat, dan memang dampak cuaca saat ini membuat aku sedikit parno (paranoid), karena banyak sekali penyakit menular yang timbul akhir-akhir ini, mulai dari diare, demam berdarah, batuk, flu, flu burung dlsb. Makanya sekarang Ryu aku larang main keluar rumah untuk sementara waktu, takut ia menularkan flu & batuknya keteman atau sebaliknya.

Aku beruntung sekali karena sejauh ini Ryu tidak pernah mengalami sakit yang mengharuskan ia di bawah ke DSA atau sampai dirawat segala, wallahualam jangan sampai, mungkin karena imun tubuhnya yang kuat atau emank aku termasuk tipe Ibu yang tidak cepat panik mendapati anaknya sakit?, entahlah yang bisa menilai itu hanya suami and orang rumah ku kali ya. Bisa di hitung pake jari Ryu ke DSA itupun ketemu DSA nya disaat ada jadwal imunisasi saja.

Beberapa kali mendapati Ryu batuk berdahak dan flu aku memang tidak langsung membawah Ryu ke DSA, biasanya aku akan segera mempraktekkan ilmu-ilmu yang aku dapat dari "We R Mommies" rumah mayaku yang menjadi acuan buat mengasuh Ryu saat ini. Aku mau berbagi sedikit tips yang aku selalu pakai bila menghadapi Ryu yang sedang batuk berdahak & flu sbb:

* Bila, tanda2 batuk & flu ini sudah nampak, aku segera memperhatikan makanan yang Ryu konsumsi. Aku jaga jangan sampai makanan yang mengandung minyak, makanan yang manis, air dingin di konsumsi olehnya. Takutnya makanan ini memicu flu & batuknya jadi cepat. Aku juga mengusahakan Ryu meminum air hangat sebanyak2nya.
* Bila flu & batuknya sudah jadi, mau ga mau tidur malamnya akan terganggu. So far aku selalu menjaga suhu lembab di kamar tidur kami, karena kalau suhu di kamar menjadi kering "ingus" ryu akan menjadi kering dan hidungnya akan tersumbat, karena hidungnya tersumbat maka spontan ia akan bernafas melalui mulut dan ini akan membuat batuk berdahaknya semakin sukses. Itulah mengapa suhu kamar perlu di atur bila si kecil lagi batuk&flu.
* Pakaikan bantal yang sedikit tinggi dari biasanya, biar ia leluasa untuk bernafas.
* Simpan di sudut kamar, Air panas yang telah diteteskan minyak kayu putih, dan biarkan uap nya tetap di kamar. Ini fungsinya agar pernafasan lewat hidung menjadi lancar/legah. Jangannkan Ryu aku dan suami doyan kalau kami sedang memasang uap air panas yang sudah di beri minyak kayu putih ini. Lakukan ini sampai pagi menjelang di jamin anak akan pules tidurnya. (terbukti denganku lo..)
* Bila tengah malam, anak terbatuk2 sebaiknya dada dan punggungnya di oleskan minyak telon atau vicks (untuk anak yang sudah berusia 2th).
* Bersihkan kamar tidur anak setiap hari, bila pagi menjelang buka jendela kamar dan pintu biar udara kamar berganti dengan udara pagi. (Usahakan kebersihannya terjaga dan sirkulasi udaranya juga harus di perhatikan)
* Bila batuk dan flunya mengakibatkan anak jadi panas, jangan langsung memberi obat penurun panas, coba ukur dulu panasnya dan di pantau setiap jam, bila suhunya sudah jauh diatas normal berilah obat penurun panas. Kalau aku baru memberikan penurun panas, bila suhunya sudah mencapai 39dc.
* Sering sekali Ryu terlihat kesakitan bila batuknya menyerang, maklum ia belum bisa mengeluarkan dahaknya sendirian dan dahak itu ngumpul di leher dan dadanya, kalau sudah begini nafasnya suka bunyi2. Biasanya untuk membantu Ryu mengeluarkan dahaknya aku seringkali membuat susu yang lebih banyak dari biasanya untuk Ryu, karena susu yang over ini bisa memancing Ryu untuk mual dan akhirnya muntah, dari muntah inilah dahaknya akan ikut keluar. So far, sehabis muntah Ryu akan tidur dengan nyaman, batuk sesekali saja tapi tidak telalu menganggu.
* Aku hanya memandikan Ryu di pagi hari, kalau sore hari cukup di washlap saja.
* Aku dan Ayahnya juga menjaga stamina tubuh agar tetap fit, jangan sampai tertular flu nya Ryu, karena kalau kami tertular maka batuk & flu nya Ryu akan bertahan lama.


Hanya itu saja trik yang sering aku lakukan bila jagoanku terserang batuk berdahak dan flu, memang sih kejadian sesungguhnya tidak sesimple apa yang aku tulis diatas, terkadang aku juga merasa ketakutan bila Ryu tidur dengan nafas yang berbunyi ditambah suhu tubuhnya yang mendekati 39dc, kalau sudah begitu aku sering kali berdoa kepada Allah, meminta biar Ryu bisa di kasih tidur yang nyenyak dan besok ia bisa bangun dan kembali bermain.

Info foto: Wenaknya berendam

1 comment:

Anonymous said...

Lama ga main kesini, eh taunya Ryuga lagi sakit ya bun..
Aku doain semoga cepet baikan ya say

Dewi/Kdi