3/4/06

Potret Anak Jaman Sekarang


Lupakan lagu "Cicak cicak di dinding", lagu "Balonku ada lima". Jaman sekarang anak-anak cenderung suka dengan lagu orang dewasa, sebut saja lagu-lagu Peter pan, Dewa, Sheila on7, RATU atau RAJA yang saat ini lagu naik daun, bukan suatu hal yang baru kalau lagu-lagu mereka di jadikan lagu wajib oleh anak-anak usia SD keatas. Di kompleks rumahku saja, semua anak-anak ini menghapal lirik lagu RAJA, aku saja yang sudah ibu-ibu tidak hapal sama sekali dengan liriknya!.

Yang lebih ajaibnya lagi anak usia BATITA pun mengandrungi jenis musik ini, dan lucunya anakku Ryu 22bulan ternyata sudah kena imbasnya juga, beberapa minggu yang lalu ia suka mendendangkan lagu Peter pan *pakai bahasa bayi lo, tapi nadanya persis sama dengan aslinya* , dan beberapa hari yang lalu seleranya berpindah ke group band RAJA. Saat itu kami sedang memutar VCD lagu RAJA "jujur" dan Ryu pun langsung beraksi, berikut aksinya aku gambarkan sedikit:
** Dance sambil memegang mike (remote TV).
** Nada sesuai aslinya
(Jujurlah Padaku) RYU SAID: &^%uurrlaaa *&dakuuu
(Bila kau tak lagi cinta) RYU SAID: #$^*laaa &%^ &aagi inntaaa
(Tinggalkanlah aku) RYU SAID: &^%laaa *&akuuu

Seperti itu deh, ajaib kan , aku sih hanya bisa tersenyum ngeliat tingkah Ryu kalau lagi bersenandung.

Ada yang lebih ajaib lagi nih, semalam pas pulang kerja seperti biasa kami ngumpul-ngumpul di ruang tamu sambil ngobrol santai dengan semua penghuni rumah, eh tiba tiba saja terdengar lagu "RATU judul: TTM" dan dengan sigapnya Ryu langsung beraksi mengikuti lagu tersebut, demikian:
**Dance sambil mojok di pojokan
** Nada sesuai aslinya
(Aku Punya Teman) RYU SAID: aaku unyaa eman
(Teman sepermainan) RYU SAID: &*man &**^iinann
(Aahhh Aahhh Aahhh) RYU SAID: aaahhh aaahhh aaahhh


Aku saat itu hanya bisa terbenggong-benggong melihat aksi Ryu. Jujur saja aku seneng anakku bisa dengan cepat hapal lirik berikut nadanya. Tetapi aku juga agak cemas karena anak seusia Ryu ternyata sangat cepat mencontoh apa yang ia liat dan apa yang ia dengar. Ini menjadi PR bagiku untuk lebih menfilter apa saja yang seharusnya perlu ataupun yang tidak perlu diikuti olehnya.

Info foto: Ryuga di pojokan

1 comment:

Anonymous said...

huuhuuhuu ryuga lutuuu banget seh :D

Kei KDI