4/7/06

Cerita Mudik


Sebenarnya sih kami telah tiba di rumah sejak Minggu April 02, dan saat itu banyak sekali cerita yang ingin segera Bunda tulis disini tapi apa daya pas tiba di rumah Bunda, Ayah & Ryu dapat oleh-oleh flu & batuk + jetleg. Belum lagi pas tiba di rumah assistant kami belum datang (ia mudik ke kampungnya juga) makanya saat itu bunda ribet.com deh ngurus semuanya, mulai dari bongkar oleh-oleh makanan basah, keluarin baju kotor, isi bak mandim dlsb nya.

Jadinya cerita ini terlambat di tulis, baru sekarang bunda punya waktu buat cerita pengalaman Ryu selama mudik kemarin. Berikut cerita selengkapnya:

Day-1
(3.30 PM)
Karena jarak rumah kami ke bandara jauh banget dan takut kena macet, kami memutuskan untuk berangkat lebih awal, Syukur Alhamdulillah perjalanan kami lancar tanpa hambatan, kami tiba di Soekarno Hatta terminal 1A (hayooo tebak kami naik apa?) 2 jam sebelum pesawat berangkat. Setelah check in dan arrange bagasi kami menuju ruang tunggu, di ruang tunggu ini Ryu seneng sekali maklum ia baru pertama kali diajak jalan-jalan sejauh ini dan sepertinya ia juga surprise dengan tempat barunya itu, jadi selama 1 1/2jam menunggu di ruang tunggu Ryu berlarian dan bermain dengan senangya. Oh iya kami sengaja memilih penerbangan malam, berharap Ryu akan tidur selama penerbangan, tapi ternyata dugaan ku salah total ia malah exiting dengan perjalanan kami ini, makanya sejam setelah masuk pesawat pun ia belum mau tidur, Ryu malah meronta-ronta ingin turun dari kursi, jadi deh selama sejam pertama kami dibuat pusing dengan tingkahnya itu, untungnya kami membawa guling kesayangannya saat melihat guling tersebut Ryu langsung minta peluk dan minta cucuuu (susu), akhirnya kami tertolong oleh guling tsb dan perjalanan kami mulus hingga tujuan. Oh iya tanganku pegeeel, soalnya selama Ryu bobo aku yang gendong, bayangin almost 2 1/2 jam aku gendong Ryu :P


(11.30 PM)
Finally kami tiba juga di Kendari. Setelah ngambil bagasi kami menuju rumah Opanya Ryu. Tau ga sih, pas tiba di rumah Ryu langsung melek dan nangis sejadi-jadinya, sepertinya ia terkaget-kaget, ko... rumahnya beda dengan rumah yang di depok?. Apa lagi saat kami tiba di rumah Opa, Ryu di sambut oleh banyak keluarga yang ingin berkenalan dengannya. Rupanya perubahan tempat dan terlalu banyak orang yang menyambut kami menyebabkan Ryu shock dan nangis kejer selama 2 jam Ryu baru bisa tidur kembali sekitar jam 3.00 AM 9

Day-2
Berbeda dengan semalam, pagi ini Ryu sangat ceria, sepertinya semalam ia hanya kecapean dan kaget saja. Akhirnya sesi perkenalan yang tertunda semalam, terlaksana juga pagi ini . Tapi Ryu masih menjaga jarak sih dengan keluarga di Kendari, tepatnya jaim gitu, batita bisa jaim juga neh hehehee.

(10.00 AM)
Sesuai schedule hari ini kami akan nyekar ke kuburan Omanya Ryu & jemput buyutnya Ryu di kampong halaman buyut yang letaknya lumayan jauh, perjalanan kesana memakan waktu sekitar 1.30 menit tanpa macet tentunya. Selama perjalanan RYu anteng dipangkuan Ayah, ketika tiba di rumah Buyut Ryu mulai menunjukan kelihaiannya, yaitu berlari ngejar ayam, ngejar kucing, dan ia juga sudah mau bermain dengan ponakan2 bunda yang seusianya.

Saat nyekar kekuburan Oma, Ryu senengnya minta ampun. Ada kejadian yang buat aku kaget, saat itu Ryu dengan santainya duduk di kedua nisan Oma sambil beraksi seperti sendang mengendarai motor!, semoga Oma enggak marah ya sama Ryu nisannya di goyang-goyang, kejadian itu hanya berlangsung sesaat karena perhatian Ryu beralih ketempat yang lain. Bunda, Ayah and Tante Mis baca Yasin di tengah teriknya matahari sementara Ryu bermain dengan ponakan2 bunda di sekitar kuburan, untugnya kuburan Oma letaknya bukan di TPU tapi di tempat pemakaman private keluarga, jadi Ryu bisa bermain dengan leluasa.

(02.30 PM)
Setelah makan siang di rumah buyut, akhirnya kami memutuskan untuk kembali ke Kendari. Secara Ryuga angot, saat minta minum cucuuu (susu) ia juga minta antal antall... alias GULING kesayangannya, kebetulan saat itu aku lupa membawa guling tsb, jadi deh Ryunya ambek lagi 9.


Day-3
Hari ini kami hanya keluar makan Bakso kesukaan Bunda. Bun, Ayah, Ryu & Tante Mis ke tempat tersebut naik Angkot. Enaknya jalanan di Kendari tuh tidak ada polusi udara, macet dan nyaman sekali. Jadinya kami menggunakan jasa angkot, skalian memperkenalkan Ryu dengan public transportation ini. Balik dari Makan Bakso, kami mampir ke toko makanan khas kota Kendari untuk membeli oleh2 buat tetangga and teman kantorku & Ayah.

Day-4
Hari ini kami baru berasa capek kali, jadi stamina agak menurun. Kalau Ryu sih masih aktif malahan menurutku ia jadi super aktif nih selama di Kendari. Mengapa aku bilang super aktif? Soalnya Ryu seperti tidak pernah capek ia hanya mau bermain dan bermain terus, apa lagi Rumah Opa luas sekali jadi Ryu bisa bermain bola dan lari2an bersama sepupu nya yang lain, maklum saja kalau di depok rumah Ryu kecil hehehe, jadi hanya bisa lari2an di Jalanan saja :P. Sorenya kami mulai ngider ke rumah saudara-saudara Omanya Ryu yang bejibun hehehe, untungnya rumah mereka masih satu kompleks dengan Rumah Opa, jadi hanya butuh 1 hari penuh untuk berkunjung kesemua tempat.
Note: Kami makan bakso lagi :P

Day-5
Hari ini ada acara Selamatan / Syukuran di Rumah Om nya Ryu (Kakak aku). Tetapi sebelum berangkat kerumah Om Ryu, kami menuju Bengkel sepeda… bukannya mau benerin sepeda atau beli sepeda lo, tapi di bengkel tersebut ada penjual ES Pisang Hijau yang di jamin wenakk banget deh, kalau tidak salah Penjual Es ini sudah dagang sekitar 20 tahunan, ini salah satu tempat favorite bunda juga.


Setelah itu kami menuju rumah Om Ryu. Sesampainya di sana, keluarga yang lain sudah banyak yang berdatangan begitu juga dengan saudara sepupu bunda mulai yang seusia Ryu sampai dengan yang ABG tanggung. Untuk mengisi waktu mereka buat acara unjuk gigih/kebolehan ber breakdance di halaman depan. Karena Ryu masih terlalu kecil maka ia hanya bisa berlarian2 dan mengganggu mereka breakdance. Alhamdulillah acara syukurannya berjalan lancar dan jam 9.00PM kami kembali ke rumah Opa.


Day-6
Hari ini kami mulai packing dan lagi-lagi hunting oleh2. Sore hari bunda ada Reuni dengan teman sekolah di cafe depan kompleks rumah Opa, jadinya bunda bawah rombongan kecil ke tempat tersebut. Itung-itung teraktir saudara, ponakan and sekalian reuni dengan teman2, acaranya asik sekali. Ryuga juga seneng sekali karena ini kali pertama kami mengajaknya ke kafe.

Sepulang dari situ Ryu angot lagi karena di rumah Opa sudah mulai banyak saudara yang berkumpul, maklum ini malam terakhir kami di Kendari jadinya mereka ngumpul untuk mengucapkan perpisahan kepada kami sekeluarga. Ryu jadi begadang deh, baru bisa bobo sekitar jam 11.30PM.

Day-7
(4.15 AM)
Kami berangkat menuju Bandara, Oh iya kali ini Opa & Buyut ikut kami menuju Jakarta, jadi judulnya Ryu culik Opa nih ke Jakarta hehehehe. Jam 6.30AM Pesawat kami berangkat, sepanjang perjalanan Ryu tidur dengan pulasnya kembali lagi tangan bunda pegel - pegel mengendong Ryu :P. Alhamdulillah kami tiba dengan selamat di Jakarta jam 9.30AM WIB.

Sesampainya di rumah Bunda Jetleg dan langsung terbaring sakit :P. Ryu Juga dapat oleh2 Flu + Batuk , Hanya Ayah saja yang kondisinya mendingan. But anyway perjalanan kami ini sangat menyenangkan, semoga tahun depan kami bisa berkunjung ke PAPUA (Kampung Ayah), sudah di tagih oleh Ninik & Datuk di sana.

>>Cerita Lain<<
1. Ternyata susah ngasuh anak 24 jam tanpa bantuan assistant 9. Selama seminggu ini Bunda benar - benar menjadi FTM buat Ryuga. Jadi salut dan ngacung cap dua jempol nih buat Mommies yang sudah menjadi FTM .
2. Banyak moment seru yang tidak terekam oleh digicam 9 secara Bun juga heboh ngurus Ryuga. Dan Bunda nyesel sekali.
3. Kuping bunda Merah padam secara hampir semua tante/om bilang kalau ryu NAKAL SEKALI... huaaaa pengen teriakk keras2 ke mereka kalau itu bukan NAKAL... pls deh.. :P
4. Aku jadi nyadar ternyata Ryu butuh banyak waktu untuk bersosialisasi dengan anak-anak seusianya, maklum waktu di Kendari Ryu benar2 belum bisa bermain dan berbagi dengan anak seusianya ataupun yang lebih besar, ia terlihat egois bermain sendiri. Dan banyak korban berjatuhan yang di pukul and di gigit Ryu di Kendari. Maafkan Ryuga ya... :D
5. Bunda terkaget-kaget melihat perkembangan kota kendari yang pesat sekali, bravo deh untuk om TW aka Tommy Winata yang sudah tertarik dengan Kendari :D

Info Foto:
1. Ryu Di Ruang Tunggu Bandara
2. Ryu dirumah opa dengan sepupuh, Om kecil & Tante Kecil
3. Ryu di Rumah Om, mejeng bersama artis breakdance amatiran :P
4. Om Kecil Robby lagi beraksi
5. Bunda Reuni with teman sekolah

4 comments:

Anonymous said...

waduhhhhh suenenge yg habis liburan...
jd pengen mudik juga nehhhh ....

Ryu, gimana msh kecapean ga??

Shrie Amriza said...

Ia donk mudik ke kampung papa nya kavin :D

Ryu udah baikan ci.. tapi bundanya neh masih mabok flu + batuk :(

Anonymous said...

Aloo Ryu, mana oleh-oleh mudiknya?

Anonymous said...

wuiiih senengnya mudik....
ryu bener2 kaya budaya yaaa...kendari, papua..betawi..
semoga ntar ryu jadi anak yg sanggup ngelestari'in budaya nenek moyang cihuiiii......

Mom Lilik, Lomboq