8/18/05

Ryu dan Bahasa Isyarat


"Enggak boleh ya sayang", "Jangan ya", "Ryu jangan manjat", "Nak ga boleh ke situ", "Nak Jangan pegang itu". Kata kata tersebut di atas sering sekali terdengar di dalam rumah kami, bukan apa - apa pergerakan Ryu putra kami yang berusia 15 Bulan saat ini, sangat cepat dan tak terduga, kata orang sih Ryu termasuk anak yang aktif sekali. Repotnya nih semua kata kata sakti di atas tidak di mengerti oleh Ryu. Entahlah dia tidak mengerti maksudnya atau dia salah mengerti kata - kata itu. 



Meleng dikit, Ryu sudah manjat meja, lengah sedikit Ryu sudah narik - narik kabel TV, DVD, Telpon dll, nyantai dikit Ryu sudah buka pintu rumah and kabur ke halaman "fiuuuhhhhh", capek rek… ngejar - ngejar Ryu. 



Nah kemarin tepatnya Agustus 17 terbersit ide untuk untuk menggunakan bahasa isyarat untuk menyampaikan larangan ke Ryu. Saat itu Ryu lagi getol - getolnya manjat meja tamu dan langsung mencet - mencet stop on/off lampu, jadi deh ruang utama kami seperti diskotik lampunya nyala and mati, karena di mainin Ryu, nah saat itu aku langsung bilang "Ga' boleh ya nak ya?" sambil mengangkat telunjukku ke hadapannya sambil aku ayun jari telunjuk itu ke kiri dan kekanan, awalnya sih dia masih tetap cuek dan meneruskan aktifitasnya, tapi aku ga menyerah aku ulang lagi kejadian itu hingga beberapa kali.



Walhasil trik itu berhasil setelah di ulang - ulang, kalau aku sudah mulai memainkan jari telunjuk dia malah ikut-ikutan ngangkat jari telunjuknya dan nunjuk aku sambil tersenyum, duuuuhh guemeessss banget deh saat itu ngeliat tingkah Ryu yang menjiplak bahasa isyarat untuk melarang tadi. Alhamdulillah sepanjang tgl 17 agustus kemarin Isyarat larangan dia ikutin dan bisa di pahami dengan baik, semoga selanjutnya dia bisa pahami isyarat - isyarat yang lainnya

No comments: