3/1/05

Rokok & Kehamilan

Berhentilah Merokok???? Inilah kata2 yang paling tidak di inginkan oleh para PEROKOK. Tapi tidak untuk yang merencanakan KEHAMILAN/HAMIL, Berhentilah Merokok merupakan kata2 yang wajib dilakukan, Sudah bukan rahasia umum lagi kalau Asap rokok sangat berbahaya, dan semua bukti menunjukkan bahwa hal tersebut berbahaya bagi janin yang sedang tumbuh. Bukan hanya berhenti merokok tetapi hindari juga tempat2 dimana asap rokok itu mudah di temukan hindari sebisa mungkin tempat2 tersebut, karena perokok pasif berpeluang sangat besar menghirup asap rokok.

Selama lebih dari satu dasawarsa, para dokter telah mengetahui masalah berikut yang berhubungan dengan rokok di bawah ini beberapa akibat buat janin dan Ibu hamil dari jahatnya asap rokok:

· Peningkatan bahaya keguguran

· Pelepasan plasenta prematur, menyebabkan kematian bayi dan juga mengancam hidup Ibu.

· Berat badan lahir sangat rendah, yang membuat bayi mudah terserang infeksi, terutama pada dada.

· Kelahiran sebelum waktunya

· Petumbuhan yang lambat selama masa kanak2 dan remaja

· Kemungkinan kesulitan belajar

Laporan terakhir dari inggris mengatakan bahwa kondisi serius, termasuk mati mendadak, meningitis, kista fibrosis, pneumonia, penyakit jantung kongenital dan mudah terserang kanker dan lebih dari 50jenis penyakit dan kelainan anak yang berhubungan dengan perokok dan perokok pasif. Laporan tersebut dihasilkan dari survei oleh para peneliti di Universitas Manchester.

Dan jangan pernah berpikir bahwa setelah anda melahirkan akan lebih aman bila kembali merokok??? Well, itu salah besar karena Nikotin, racun yang amat kuat dapat di alirkan melalui ASI.

Jadi segeralah berpikir 2x untuk merokok di saat anda tau kalau anda sedang HAMIL atau para Bapak berpikirlah sebelum merokok di sekitar Ibu HAMIL and Anak BAYI .


Bunda dan Ryu


Shrie Amriza®

No comments: